International Basic Safety Standard (BSS) Baru telah terbit sebagai pengganti Edisi Interim

Pada Bulan Juli 2014, IAEA bersama dengan EC, FAO, ILO, OECD/NEA, PAHO, UNEP, WHO menetapkan dan mempublikasikan ketentuan persyaratan keselamatan (Safety Requirements) tentang proteksi radiasi dan keselamatan zat radioaktif : standar keselamatan rtadiasi internasional, dengan nama General Safety Requirements Part 3 (GSR Part 3) atau BSS Baru.

BSS baru ini sebagai pengganti dari Edisi Interim yang di terbitkan Tahun 2011 dan juga sebagai pengganti dari BSS yang lama yaitu BSS 115 Tahun 1996.

BSS baru ini ditetapkan karena adanya berbagai perubahan dan revisi serta perkembangan rekomendasi dari UNSCEAR dan ICRP.

Apa dan bagaimana perubahan dari BSS lama ke BSS baru? silakan download file BSS Baru (GSR Part 3 Tahun 2014 pada link berikut ini:

Download BSS >>

BSS baru ini sungguh menarik untuk dikaji...
BSS ini merupakan Safety requirements yang memuat suatu persyaratan keselamatan radiasi secara terpadu dan konsisten serta ditetapkan untuk dipenuhi sehingga terjamin perlindungan masyarakat dan lingkungan, baik di masa sekarang maupun di masa depan. Jika persyaratan keselamatan ini tidak dipenuhi maka harus diambil langkah-langkah untuk mencapai atau mengembalikan ke tingkat keselamatan yang diperlukan. Format dan jenis persyaratan dibuat untuk memudahkan implementasi dan harmonis dengan kerangka regulasi nasional.

Persyaratan-persyaratan yang termasuk dalam kategori menyeluruh (overarching) diekspresikan dalam sebuah kata pernyataan “shall” (wajib). Banyak persyaratan yang tidak ditujukan secara khusus pada pihak tertentu, sehingga memberikan implikasi bahwa pihak-pihak yang sesuai dan tepat dapat bertanggung jawab untuk memenuhi persyaratan keselamatan.

Perbedaan yang terasa antara BSS yang baru dengan yang lama adalah pada BSS yang baru hanya memuat persyaratan keselamatan, tidak memuat panduan keselamatan.

Pustaka:
https://rpop.iaea.org/RPOP/RPoP/Content/News/bss.htm
LihatTutupKomentar