Cara Menggunakan Software Monte Carlo EGSnrc InputRZ (egs_inprz)

Tulisan ini coba dihadirkan setelah teringat ada salah seorang teman mengajak diskusi mengenai monte carlo untuk mengkalkulasi distribusi dosis radiasi dari sumber foton maupun elektron. Meski awam mengenai monte carlo, namun paling tidak pernah menggunakan dan melakukan simulasi dengannya.

Alhamdulillah, saat ini sudah berkembang program monte carlo yang tidak perlu lagi ketik komputer untuk membuat alur kod. Telah dikembangkan oleh National Research Council of Canada (NRC) sebuah program monte carlo untuk simulasi transpor foton dan elektron yaitu yang dikenal dengan EGSnrc.

Program ini didisain mudah untuk digunakan, bagi orang awam seperti saya, hanya tinggal memasukkan parameter-parameter yang dibutuhkan, kemudian run.

Program egs_inprz adalah salah satu paket dari EGSnrc yang digunakan untuk mengkalkulasi dosis serap dan kerma dalam geometri silinder dengan koordinat simetri lingkaran RZ.
Paket program EGSnrc dapat di-download gratis dari http://irs.inms.nrc.ca/software/egsnrc/download.html.
Meskipun awalnya program ini didisain dalam sistem operasi open source linux, namun program ini sudah dapat diinstal dan dijalankan dalam sistem operasi Windows sehingga lebih memudahkan para penggunanya.

Instalasi program EGSnrc di sistem operasi Windows memerlukan 2 langkah proses. Langkah pertama, menginstal program Tcl/Tk kemudian langkah selanjutnya menginstal program EGSnrc.
Program Tcl/Tk dapat di download di sini. atau di link berikut ini : http://www.activestate.com/activetcl/downloads.

Mari kita ikuti langkah kerja untuk menggunakan program ini, khususnya egs_inprz. Maklum baru segini taunya..

Penggunaan program egs_inprz diawali dengan pemanggilan program sehingga muncul kotak dialog programnya kemudian memasukkan beberapa parameter yang diperlukan, melihat geometri yang telah kita buat dalam PreviewRZ, menyimpan file input, dan menjalankan simulasi.

1. Pemanggilan Program 
Pemanggilan program dapat dilakukan dari tab Start Menu maupun dari Shortcut Desktop dalam sistem Windows.
Klik menu Start > EGSnrc > egs_inprz. Tampilan pertama kotak dialog dapat dilihat pada Gambar 1.


 Gambar 1. Kotak dialog tab general pada program egs_inprz

2. Memasukkan data parameter yang diperlukan 
Parameter masukan (input parameter) yang ada pada program egs_inprz tidak semuanya diubah, ada beberapa dalam kondisi standar (default).
Parameter masukan terbagi dalam beberapa Tab, yaitu:

a. Tab General 
Pada bagian ini, kita memilih source code program yang diinginkan (missal: DOSRZnrc), mengisi nama judul (Title), memasukkan PEGS4 file, member nama file, dan menyimpannya.
Tampilan kotak dialog dapat dilihat pada Gambar 1.


b. Tab I/O Control 
Pada bagian ini, kita memilih output option, dan memasukkan jumlah voksel planar dan silinder pada bagian dose region. Pada output option terdapat pilihan Short, Dose Summary, Material Summary, Material and Dose Summary, dan Long yang dapat dipilih sesuai dengan yang diinginkan.



 Gambar 2. Kotak dialog tab I/O Control pada program egs_inprz

c. Tab Monte Carlo 
Parameter yang diperlukan dalam mengisi tab Monte Carlo adalah jumlah histori yang diinginkan, jenis kalkulasinya, dan pilihan score kerma. Jenis kalkulasi memiliki beberapa pilihan, yaitu: dose and stoppers, entrance regions, pulse height distribution, dan scatter fractions.

 Gambar 3. Kotak dialog tab Monte Carlo pada program egs_inprz

d. Tab Geometry 
Pada tab geometry ini, ada beberapa parameter yang perlu dimasukkan, yaitu: input method, koordinat Z paling atas atau mulai slab pertama (Z of front face), plane information, cylinder information, dan media input. Input method memiliki pilihan groups dan individual.
Dipilih individual kalau tidak ada slab yang memiliki ukuran sama. Koordinat Z yang dimasukkan adalah koordinat dimulainya slab atau mulainya slab paling atas, misal diisi 0 cm artinya slab paling atas mulai dari koordinat 0 cm.
Informasi planar dan silinder merupakan tempat memasukkan ukuran voksel bagian planar dan silinder. Media input merupakan bagian memasukkan medium sumber maupun medium fantom sesuai nomor voksel planar dan silinder.

 Gambar 4. Kotak dialog tab Geometry pada program egs_inprz


e. Tab Source 

Bagian ini untuk memasukkan data geometri dari sumber yang digunakan, yaitu ukuran dan bentuk sumber, jenis radiasi datang, dan jenis energi datang.
Bentuk sumber dapat dipilih sesuai geometrinya, misalnya sumbernya silinder padat maka dipilih sumber nomor 3 yaitu uniform isotropically radiating disk of finite size.
Ukuran dapat dimasukkan sesuai spesifikasi geometri sumbernya. Jenis radiasi datang (incident particle) dapat dipilih electron, photon, positron, charged (partikel bermuatan), atau all (semua partikel ada).
Energi datang dipilih sesuai dengan energi yang digunakan apakah monoenergetik atau spectrum.

Gambar 5. Kotak dialog tab Source pada program egs_inprz

sementara sampai disini dulu ya... nanti diteruskan untuk langkah selanjutnya.


LihatTutupKomentar